KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU

Sa'diyyah, Milatus (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Milatus Sa'diyyah-Pendidikan Biologi.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan sains (KBDKPS) peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran Biologi, (2) perbedaan KBDKPS jika ditinjau bedasarkan latar belakang pendidikan guru, (3) pengaruh aspek lama mengajar terhadap KBDKPS jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru, dan (4) pengaruh aspek potensi peserta didik terhadap KBDKPS jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei yang dilaksanaan pada bulan Desember 2015 hingga Maret 2016. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI IPA dari sebelas SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo sekaligus guru yang mengampu kelas yang dijadikan subjek penelitian. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dengan keseluruhan sampel 536 peserta didik dan 17 guru dari 22 kelas. Variabel tergayut dalam penelitian ini adalah tingkat KBDKPS peserta didik pada mata pelajaran Biologi serta latar belakang pendidikan guru sebagai variabel bebas. Aspek yang menjadi variabel pengganggu penelitian ini, yaitu lama guru mengajar dan potensi peserta didik yang didasarkan pada nilai ujian nasional (UN) IPA SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan tes KBDKPS, pengisian angket dan wawancara guru, serta data pendukung nilai ujian nasional IPA SMP peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dengan menghitung skor yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat KBDKPS peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada mata pelajaran Biologi tergolong sedang (22,76), (2) terdapat perbedaan KBDKPS jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru (mencakup jenjang dan program studi pendidikan terakhir yang dimiliki), (3) aspek lama mengajar guru berpengaruh terhadap KBDKPS peserta didik jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru, (4) aspek potensi peserta didik tidak berpengaruh terhadap KBDKPS peserta didik jika ditinjau berdasarkan latar belakang pendidikan guru. Kata kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, latar belakang pendidikan guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44758

Actions (login required)

View Item View Item