Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengadaptasi Model CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar Geometri Siswa SMA.

Nugroho, Danis Agung (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Mengadaptasi Model CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar Geometri Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-danis-agung-nugroho-14709251081.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan mengadaptasi model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, efikasi diri, dan prestasi belajar geometri siswa SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan delapan tahap pengembangan berdasarkan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan rancangan produk awal, 4) percobaan terbatas, 5) revisi tahap I, 6) percobaan operasional, 7) revisi tahap II, dan 8) pembagian produk akhir. Subjek percobaan terbatas adalah 6 siswa kelas XI MIA 2 SMA N 1 Prambanan Sleman dan guru matematika pada kelas tersebut. Subjek percobaan operasional adalah 25 siswa kelas X IIS 2 dan 21 siswa XI MIA 4 SMA N 1 Prambanan Sleman dan guru matematika pada kelas tersebut. Materi pelajaran yang dikembangkan pada kelas percobaan adalah jarak dan sudut (kelas X) dan transformasi geometri (kelas XI). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar penilaian guru terhadap kepraktisan perangkat pembelajaran, angket penilaian siswa terhadap kepraktisan LKS dan proses pembelajaran, dan instrumen penilaian hasil belajar siswa yang meliputi tes kemampuan menyelesaikan masalah, angket efikasi diri siswa dalam belajar geometri, dan tes prestasi belajar geometri. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa RPP dan LKS yang keduanya diadaptasi dari model pembelajaran CORE untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, efikasi diri, dan prestasi belajar geometri siswa SMA. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk terbukti valid. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa produk tergolong praktis dengan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,2%. Hasil penilaian guru menunjukkan bahwa RPP dan LKS tergolong praktis dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian siswa menunjukkan bahwa LKS dan proses pembelajaran tergolong praktis dengan kategori minimal “baik”. Produk tergolong efektif berdasarkan rata-rata skor siswa pada hasil tes kemampuan menyelesaikan masalah, angket efikasi diri, dan tes prestasi belajar geometri yang ketiganya termasuk pada kategori minimal “tinggi”. Persentase banyaknya siswa pada ketiga kategori tersebut secara berturut-turut sebesar 84,78%; 84,86%; dan 89,13%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, CORE, kemampuan menyelesaikan masalah, efikasi diri, prestasi belajar, geometri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:24
Last Modified: 24 Oct 2022 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44756

Actions (login required)

View Item View Item