Aktualisasi Scientific Inquiry oleh Guru Biologi SMA Kelas X Se-Kabupaten Kulon Progo ditinjau dari Tingkat Kefavoritan Sekolah dan Masa Mengajar Guru.

Irawadi, Anggraini (2016) Aktualisasi Scientific Inquiry oleh Guru Biologi SMA Kelas X Se-Kabupaten Kulon Progo ditinjau dari Tingkat Kefavoritan Sekolah dan Masa Mengajar Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anggraini-irawadi-14725251041.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktualisasi Scientific Inquiry oleh guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo, (2) aktualisasi Scientific Inquiry oleh guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo ditinjau dari tingkat kefavoritan sekolah, dan (3) aktualisasi Scientific Inquiry oleh guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo ditinjau dari masa mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian observasi. Penelitian ini silaksanakan di SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakatan teknik purposive sampling yang berdasarkan pada kriteria yang diijankan oleh pihakk sekolah. Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini didapatkan sampel 11 guru biologi kelas X dari 10 SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, observasi lapangan, observasi dokumen dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan. Pertama¸aktualisasi Scientific Inquiry oleh guru biologi kelas X di SMA Negeri se-Kabupaten Kulon Progo dalam proses pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori baik. Kedua, tingkat kefavoritan sekolah mempengaruhi kualitas guru dalam mengaktualisasikan Scientific Inquiry pada proses pembelajaran. Ketiga, masa mengajar guru tidak mempengaruhi kualitas guru dalam mengaktualisasikan Scientific Inquiry pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi scientific inquiry, tingkat kefavoritan sekolah, masa mengajar guru.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Dec 2016 04:14
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44742

Actions (login required)

View Item View Item