PERANCANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN SISWA BERBASIS WEB DI SMK YPKK 1 GAMPING SLEMAN

Nurwito, Nurwito (2016) PERANCANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN SISWA BERBASIS WEB DI SMK YPKK 1 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_Nurwito_09520241033.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan sistem informasi pembayaran biaya pendidikan siswa berbasis web pada SMK YPKK 1 Gamping Sleman untuk pengelolaan administrasi pembayaran sekolah dan sebagai media penyampaian informasi pembayaran administrasi sekolah; (2) melakukan analisis tingkat kualitas sistem informasi pembayaran biaya pendidikan siswa berbasis web pada SMK YPKK 1 Gamping Sleman berdasarkan standard ISO 9126 pada aspek functionality, usability, efficiency dan reliability. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) yang meliputi tahapan: (1) Identifikasi Potensi dan Masalah; (2) Analisis Kebutuhan dan Pengumpulan Data; (3) Desain Sistem; (4) Implementasi Sistem; (5) Validasi Sistem; (6) Revisi Sistem; (7) Uji Coba Sistem; dan (8) Sistem Akhir. Instrumen yang digunakan berupa checklist untuk pengujian aspek functionality dan usability serta instrumen berupa tool untuk pengujian aspek reliability dan efficiency. Sistem diujicobakan ke beberapa ahli dan petugas sekolah. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan sistem informasi pembayaran biaya pendidikan siswa berbasis web; (2) Pengujian sistem informasi pembayaran biaya pendidikan siswa berbasis web dilakukan pada aspek functionality menghasilkan nilai 1(baik), aspek usability menghasikan persentase sebesar 83,44 % (sangat tinggi), aspek efficiency menggunakan YSlow menghasilkan rata-rata score performance 86,05 dengan grade B (diterima), aspek reliability menghasilkan 100% untuk kategori sessions, 100% pages untuk kategori dan 100% untuk kategori hits (memenuhi).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ISO 9126, Pembayaran Sekolah, Sistem Informasi, SMS Gateway
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Dec 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44739

Actions (login required)

View Item View Item