Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif dan Pencapaian Sikap Ilmiah Fisika.

Wulandari, Ajeng Tiara (2016) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif dan Pencapaian Sikap Ilmiah Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ajeng-tiara-wulandari-10708251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan SSP yang layak untuk pembelajaran ditinjau dari segi teoritik (berdasarkan penilaian ahli) maupun segi empirik (berdasarkan uji coba dilapangan) dan (2) mengetahui keefektifan SSP berbasis model Guided Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan pencapaian sikap ilmiah fisika. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas 10 langkah pengembangan yang meliputi : (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 28 siswa kelas XI IPA MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015. Subjek uji coba luas terdiri dari 58 siswa kelas XI IPA MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015 yang terbagi menjadi dua kelas untuk kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebanyak 29 siswa kelas XI MAN 2 Banjarnegara. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan awal siswa, sikap ilmiah, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Data sikap ilmiah dan keterlaksanaan pembelajaran melalui observasi menggunakan lembar observasi, sedangkan kemampuan awal siswa dan hasil belajar soal pilihan ganda. Pengembangan Subject Specific Pedagogy berbasis model Guided Inquiry mulai dari studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft SSP dan kelayakan yang dimulai dari draft awal yang dikonsultasikan kepada dosen pembimbing sampai dinyatakan baik, kemudian kelayakan oleh ahli materi, ahli media, guru dan teman sejawat dan langkah terakhir yaitu penerapan kepada siswa sejumlah 52. Hasil kelayakan SSP termasuk dalam kategori kualitas baik. Terdapat keefektifan SSP berbasis Guided Inquiry yang mampu meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan pencapaian sikap ilmiah siswa terlihat dari rata-rata sikap ilmiah dan gain score kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol serta terlihat dari uji MANOVA bahwa karena P value (Sig.) 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar (Y1) dan sikap ilmiah (Y2) antara kelas eksperimen dengan kelas control. Hal ini menunjukkan bahwa SSP berbasis model Guided Inquiry lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan pencapaian sikap ilmiah fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, Inquiry, Hasil Belajar, Fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:44
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44736

Actions (login required)

View Item View Item