Evaluasi Kurikulum Program Studi Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta.

Saputra, Onery Andy (2016) Evaluasi Kurikulum Program Studi Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-onery- andy-saputra-14702251016.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) Kesenjangan implementasi kompetensi lulusan di Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar dunia industri, (2) Kesenjangan isi pembelajaran di Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar dunia industri, (3) Kesenjangan implementasi proses pembelajaran di Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar nasional pendidikan tinggi, (4) Kesenjangan impelemntasi penilaian pembelajaran di Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar nasional pendidikan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 6 DU/DI yang berasal dari bengkel agen tunggal pemegang merek (ATPM), 5 orang dosen Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta, 30 Mahasiswa Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta. Penelitian ini menggunakan teknik sampling sampling purposive. Teknik sampling sampling purposive digunakan untuk menentukan jumlah mahasiswa. Sedangkan teknik sampling jenuh digunakan dalam menentukan ukuran sampel pada service advisor, dan dosen. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik deskripsi kuantitatif. Secara kuantitatif, suatu butir pernyataan diterima apabila menggunakan nilai persentase > 66,67%. Dan untuk penentuan kesesuaian suatu butir insrumen akan dinyatakan terjadi kesenjangan apabila nilai persentase > 66,67%. Hasil penelitian menunjukkan kesenjangan implementasi kompetensi lulusan Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar dunia industri sebesar 0%. Kesenjangan isi pembelajaran Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar dunia industri sebesar 5,33%. Kesenjangan implementasi proses pembelajaran Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar nasional perguruan tinggi sebesar 4,41%. Kesenjangan implementasi penilaian pembelajaran Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta dengan standar nasional perguruan tinggi sebesar 1,77%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesenjangan, standar, otomotif
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:54
Last Modified: 09 May 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44729

Actions (login required)

View Item View Item