LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA “Keefektifan Program Jam Belajar Masyarakat di Desa Semaki Gede RW 04,Umbulharjo Yogyakarta ”

GIGIH DARMAWAN, GIGIH DARMAWAN (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA “Keefektifan Program Jam Belajar Masyarakat di Desa Semaki Gede RW 04,Umbulharjo Yogyakarta ”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Laporan PPL.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan PPL - Identitas Laporan gegeh.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan PPL - Serapan Dana.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan PPL mingguan.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan revisi.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATRIKS INDIVIDU -.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Jam Belajar Masyarakat seharusnya bisa menjadi salah satu ujung tombak dalam peningkatan Pendidikan di DIY khususnya di Desa Semaki Gede RW 04,Umbulharjo,Yogyakarta. Seharusnya Program Jam Belajar Masyarakat menjadi keharusan dibudayakan di setiap daerah dan dijalankan sesuai indikator yang sudah ada supaya Program Jam Belajar Masyarakat ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan. Maka dari itu akan dilakukan penelitian tentang Keefektian Program Jam Belajar Masyarakat di Desa Semaki Gede RW 04,Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Wawan cara dan Kuisioner/Angket sebagai instrumen. Objek dari penelitian ini adalah warga masyarakat khususnya orang tua peserta didik dan peserta didik yang tergolong masuk dalam indikator keberhasilan program Jam Belajar Masyarakat. Kuesioner yang diberikan kepada objek lebih kepada pengetahuan tentang program Jam Belajar Masyarakat. Didapatakan bahwa banyak objek yang belum tahu secara mendalam program Jam Belajar Masyarakat tersebut. Dari segi ini dapat diambil garis bawah bahwa program Jam Belajar Masyarakat sangat berpengaruh dengan hasil belajar peserta didik. Sedangkan dari segi pengetahuan orang tua peserta didik dapat memahami program Jam Belajar Masyarakat ini secara menyeluruh dan apat membantu orang tua peserta didik dalam pendampingan belajar anak ketika program Jam Belajar Masyarakat berlangsung. Jadi kesimpulan dari hasil penelitian didapatkan bahwa Program Jam Belajar Masyarakat berepengaruh dalam hasil belajar siswa dan kondisi Desa Semaki RW 04 sendiri ketika program Jam Belajar Masyarakat berlangsung menjadi aman dan tentram serta kondusif. Maka diharapkan Desa – desa dan wilayah lain untuk membudayakan Program Jam Belajar Masyarakat untuk terciptanya kesejahteraan rakyat yang lebih baik. Sedangkan untuk pihak Dinas dapat diaharapkan melakukan sebuah evaluasi dan monitoring untuk mengetahui kurang lebihnya program Jam Belajar Masyarakat ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Penelitian, Jam Belajar Masyarakat, Efektif, pengaruh
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44716

Actions (login required)

View Item View Item