KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Setiawan, Eko Apri (2015) KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Eko Apri Setiawan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) kesiapan guru Jurusan Teknik Kendaraan Ringan kelas x di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. (2) kesiapan guru jurusan teknik kendaraan ringan kelas x di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam pelaksanaan proses penilaian sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif. Subyek penelitian adalah guru Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 8 (delapan) orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan hasil analisis data yang dihsilkan dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan guru Jurusan Teknik Kendaraan Ringan kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogykarta dalam perencanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil angket kesiapan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan responden dari 8 guru sesuai indikator a) identitas mata pelajaran memperoleh rata-rata skor (100%), (b) perumusan indikator (91%), (c) perumusan tujuan pembelajaran (94,2%), (d) pemilihan materi ajar (87,6%), (e) pemilihan sumber belajar (82,3%), (f) pemilihan media belajar (85,3%), (g) model pembelajaran (81,5%) dan (h) penilaian (85%). (2) Hasil analisis data menunjukkan pelaksanaan penilaian pembelajaran memiliki 3 indikator yaitu (a) penilaian kompetensi sikap memperoleh persentase sebesar (88%), (b) penilaian pengetahuan (83,6%) dan (c) penilaian keterampilan (84,4%). Persentase tertinggi 100% dan persentase terendah 81,5%, berdasarkan kriteria penilaian nilai persentase rata-rata 86,67% berada pada range 76%-100% termasuk kategori sangat siap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44708

Actions (login required)

View Item View Item