FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR DAN SOLUSI PENANGANAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Santosa, Dwi Tri (2016) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR DAN SOLUSI PENANGANAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dwi Tri Santosa.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa ditinjau dari faktor instrinsik dengan indikator cita-cita siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa dan ditinjau dari faktor ekstrinsik dengan indikator kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan siswa; (2) Peneliti dapat menentukan solusi penanganan rendahnya motivasibelajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, 30 siswa digunakan sebagai responden uji coba instrumen dan 120 siswa digunakan sebagai responden penelitian untuk mengetahui faktorfaktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Untuk menentukan solusi penangananan rendahnya motivasi belajar menggunakan 5 guru sebagai responden, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif persentase untuk responden siswa dan kualitatif reduksi untuk responden guru. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah dari faktor ekstrinsik sebesar 51,88% meliputi unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran sebesar 19,01%; upaya guru dalam membelajarkan siswa sebesar 17,07% dan kondisi lingkungan siswa sebesar 15,80%. Sedangkan dari faktor intrinsik sebesar 48,12% meliputi kondisi siswa sebesar 18,04%; kemampuan siswa sebesar 16,25% dan cita-cita siswa sebesar 13,83%; (2) Solusi penanganan bagi rendahnya motivasi belajar siswa dengan peningkatkan kualitas kinerja guru, melatih kedisplinan siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa, menggunakan metode pembelajaran sesuai kemampuan pemahaman siswa, meningkatkan koordinasi dengan orang tua siswa untuk memantau siswa di luar sekolah dan menjelaskan manfaat belajar di Jurusan Teknik Sepeda Motor pada siswa. Kata Kunci: Rendahnya Motivasi Belajar, Solusi Penanganan, Teknik Sepeda Motor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44706

Actions (login required)

View Item View Item