PENGEMBANGAN BUKU PINTAR SISTEM PEMINDAH TENAGA (SPT) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Azhar, Ahmad Zahrani (2015) PENGEMBANGAN BUKU PINTAR SISTEM PEMINDAH TENAGA (SPT) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad Zahrani Azhar.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengembangkan Buku Pintar Sistem Pemindah Tenaga Sebagai Sumber Belajar Siswa; dan (2) Mengetahui Tingkat Kelayakan Buku Pintar SPT tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), selanjutnya dikembangkan dan dibuatkan alur penelititan menjadi tiga tahap yaitu tahap pendahuluan terdiri dari analisis kebutuhan, analisis standar isi pada kurikulum 2013 SMK, dan pemilihan topik. Tahap pengembangan terdiri dari desain dan pengembangan produk, validasi oleh para ahli, dan revisi guna memperoleh produk awal. Tahap evaluasi terdiri dari uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelas, dan analisi data hasil uji coba kelas. Tempat penelitian yaitu di SMK Negeri 2 Klaten pada bulan juli 2015. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Pintar SPT yang dikembangkan, sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Klaten. Untuk pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penilitian adalah berupa buku teks pelajaran yang diberi tema Buku Pintar Sistem Pemindah Tenaga (Buku Pintar SPT). Hasil validasi dan uji kelayakan yang dilakukan menunjukkan bahwa Buku Pintar SPT yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan sangat layak dengan nilai sebesar 74,00 dari 80,00 atau 92,50%, hasil validasi oleh ahli buku teks pelajaran menunjukkan sangat layak dengan nilai sebesar 89,00 dari 105,00 atau 84,76%, begitu juga dengan hasil validasi oleh guru mata pelajaran menunjukkan sangat layak dengan rerata nilai sebesar 99,00 dari 100,00 atau 99,00%, dan hasil uji coba terhadap siswa yaitu pada uji coba kelompok kecil menunjukkan sangat layak dengan nilai 80,85 dari 90,00 atau 89,61%, serta pada uji coba kelas juga menunjukkan sangat layak dengan nilai 81,03 dari 90,00 atau 90,04%. Oleh karena itu, Buku Pintar SPT yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa di SMK khusus pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga. Kata Kunci: Pengembangan Buku Teks Pelajaran, Buku Pintar SPT, Sumber Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44699

Actions (login required)

View Item View Item