GAYA BELAJAR SISWA KELAS III B SD N TUKANGAN YOGYAKARTA

Fitriani, Chris Hilda (2016) GAYA BELAJAR SISWA KELAS III B SD N TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Chris Hilda Fitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas III B SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa dan 1 guru kelas III B SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi sumber dan teknik penelitian. Gaya belajar yang cenderung digunakan siswa kelas III B bervariasi antara visua, auditori dan kinestetik. Kecenderungan gaya belajar siswa antara lain adalah belajar dengan cara mendengarkan penjelasan guru / melihat, menghafal dengan mengulang-ulang bacaan 2 atau 3 kali, mengerjakan soal dengan berdiskusi atau kerja kelompok dengan teman kelas, aktif bertanya jawab dengan guru / teman sekelas dan mencatat hal yang penting tentang materi pelajaran. Jadi gaya belajar siswa kelas III B yang berjumlah 24 orang adalah bervariasi (kombinasi antara visual, auditori dan kinestetik). Kata kunci:gaya belajar, siswa SD Negeri Tukangan Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44690

Actions (login required)

View Item View Item