Puspita, Dian and Sugiman, Sugiman (2016) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNY.
|
Text
2-BAB 1.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
3-BAB 2.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
4-BAB 3.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
5-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
6-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (918kB) | Preview |
|
Text
1-BAGIAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
8-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok. Sampel penelitian yang terpilih yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pendekatan kontekstual dengan strategi REACT dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS yang disusun sesuai dengan pendekatan yang digunakan, instrumen tes untuk mengukur pemahaman konsep matematika yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen nontes yang berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa serta lembar bservasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t yaitu one sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari konsep matematika, 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP, 3) pembelajaran dengan pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika, 4) pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP, 5) pembelajaran kontekstual lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari pemahaman konsep matematika, 6) pembelajaran kontekstual sama efektifnya dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP. Kata kunci: pendekatan kontekstual, pemahaman konsep, motivasi belajar, konvensional
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 03:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44680 |
Actions (login required)
View Item |