Pradeka, Setyo Riandi (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN KELAS X SEMESTER GENAP TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. S1 thesis, UNY.
|
Text
PRADEKA SETYO RIANDI_11502241015.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Belum adanya modul pembelajaran dalam proses pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio menyebabkan siswa SMK Negeri 1 Saptosari jurusan TAV kurang aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Kelas X Semester Gena p Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Saptosari serta menguji kelayakan Modul Pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Kelas X Semester Genap Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Saptosari . Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian jenis R&D ( Research and Development ) oleh Borg dan Gall yang kemudian disederhanakan oleh Anik Ghufron . Prosed ur dalam penelitian melalui tahap s tudi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan dan tahap deseminasi. M odul pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio divalidasi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media yang kemudian diujicobakan kepada subjek penelitian. Subjek yang akan diteliti adalah tiga puluh enam siswa dari kelas X - TAV A dan XI TAV - B. Pe narikan sampel menggunakan metode purposive yang kemudian dikombinasikan dengan metode snowball . Pengumpulan data menggunakan lembar angket/kuesioner skala Likert model lima pilihan. Kelayakan modul diketahui dari hasil analisis data penilaian yang kemudia n dibagi dalam lima kategori, yaitu sangat layak (sangat baik), layak (baik), cukup layak (cukup baik), kurang layak (kurang baik), dan tidak layak (tidak baik). Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan pr oduk berupa Modul Pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio kelas X semester genap Teknik Audio Video. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, dan evaluasi dengan total 173 halaman. Bahasa yang digunakan dalam modul pembelajaran ini ada lah Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Membuat Rekaman Audio di Studio kelas X Semester Genap ini mend apat nilai kelayakan setelah diuji oleh ahli materi dengan presentase kelayakan sebesar 80,80% sehingga termasuk dalam kategori Baik (Layak), oleh ahli media memiliki presentase kelayakan sebesar 74,20% sehingga termasuk dalam kategori Baik (Layak), serta dari uji lapangan mendapat presentase kelayakan sebesar 79,67% sehingga termasuk dalam kategori layak. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Rekaman Audio, Research and Development
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 03:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |