PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS III B SD NGOTO SEMAIL BANGUNHARJO SEWON BANTUL

Urbanus, Urbanus (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS III B SD NGOTO SEMAIL BANGUNHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Urbanus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan prestasi belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPS kelas III B SD Negeri Ngoto, Semail Bangunharjo Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaborsi dengan guru kelas. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B SD Negeri Ngoto, Semail Bangunharjo Sewon Bantul yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model Quantum Teaching. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Qunatum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III B SD N Ngoto, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Prestasi belajar sebelum tindakan menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa (50%) dan 10 siswa (50%) belum mencapai KKM. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (70%) mencapai KKM dan 7 siswa (30%) masih dibawah KKM, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang telah mencapai KKM meningkat menjadi 18 siswa (90%) dan 2 siswa (10%) masih dibawah KKM. Nilai rata-rata pada saat pra tindakan sebesar (69,5), pada siklus I meningkat menjadi (74,25). Pada siklus II meingkatlagi menjadi (81,25). Dengan demikian penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III B SD N Ngoto, Semail Bangunharjo Sewon Bantul. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:36
Last Modified: 14 Dec 2016 08:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44656

Actions (login required)

View Item View Item