LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN LENDAH KULON PROGO

Yunita, Reni (2016) LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN LENDAH KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Reni Yunita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan perpustakaan sekolah dilihat dari tingkat kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan di sekolahnya, serta mengetahui minat membaca siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Lendah, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 390 siswa dengan sampel berjumlah 198 siswa yang diambil secara acak dengan teknik propotional sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 61 siswa. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan teknik pengkategorian yang menggunakan Mean dan Standar Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan sekolah dalam kategori sedang atau memuaskan dengan persentase siswa sebanyak 76,26% siswa. Ditinjau dari masing-masing aspek, sebanyak 70,71% siswa merasa layanan sirkulasi dalam kategori sedang atau memuaskan, sebanyak 76,77% siswa merasa bahwa layanan referensi dalam kategori sedang atau memuaskan, sebanyak 70,20% siswa merasa bahwa layanan jam buka perpustakaan dalam kategori sedang atau memuaskan, dan sebanyak 69,19% siswa merasa bahwa layanan bimbingan membaca dalam kategori sedang atau memuaskan. 2) Tingkat minat membaca siswa dalam kategori sedang dengan persentase siswa sebanyak 79,29%. Ditinjau dari kesadaran akan manfaat membaca sebanyak 97,47% siswa memiliki minat membaca sedang, dilihat dari aspek perhatian terhadap membaca, sebanyak 77,27% siswa memiliki minat membaca sedang, ditinjau dari aspek aspek rasa senang, sebanyak 72,22% siswa memiliki minat membaca sedang, dan jika ditinjau dari aspek frekuensi membaca, sebanyak 76,77% siswa memiliki minat membaca yang tinggi apabila dilihat Kata Kunci: layanan perpustakaan sekolah, minat membaca

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Dec 2016 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 12:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44642

Actions (login required)

View Item View Item