Pengembangan Instrumen Minat Vokasional Berbasis Tipologi Holland untuk Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Artosandi, Yudhi Satria Restu (2016) Pengembangan Instrumen Minat Vokasional Berbasis Tipologi Holland untuk Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, UNY.

[img] Text
yudhi-satria-restu-artosandi-10701261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) menemukan dimensi, aspek dan indikator minat vokasional sebagai dasar penyusunan instrument pengukuran minat vokasional berbasis tipologi Holland untuk eksplorasi karir siswa sekolah menengah pertama (SMP), (2) mengembangkan instrumen model summated rating scale yang dapat digunakan untuk mengukur minat vokasional siswa SMP, (3) menguji validitas dan reliabilitas instrument sekaligus menguji model pengukuran minat vokasional siswa SMP , (4) menghasilkan pedoman penggunaan dan pedoman intepretasi dari intrumen minat vokasional berbasis tipologi Holland untuk membantu eksplorasi karir siswa SMP dalam menetapkan pilihan terhadap pendidikan lanjutan, dan (5) menghasilkan tipologi minat dari siswa-siswa yang telah menjalani proses pendidikan di SMA dan SMK yang dapat dijadikan sebagai acuan atau standar untuk memberikan rekomendasi terhadap pemilihan pendidikan lanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R & D). Proses pengembangan instrumen yang dilakukan terdiri dari: (1) tahap pra-pengembangan yangmeliputi kajian teori minat vokasional dan telaah hasil penelitian yang relefan; (2) tahap pengembangan yang meliputi a) menentukan spesifikasi produk dan butir-butir instrumen, b) telaah ahli psikologi dan psikometri, c) analisis hasil uji coba dan perbaikan hingga menghasilkan produk akhir yang siap disajikan ; dan (3) tahap penerapan instrumen, yang meliputi penyajian instrumen minat vokasional, skoring dan interpretasinya.Validitas dan reliabilitas instrumen dianalisis dengan Confirmatory Factor Analysis(CFA) dalam Structural Equation Modeling (SEM) melalui bantuan program LISREL 8,80. Hasil penelitian menunjukkan (1) instrumen yang dihasilkan adalah skala inventori model summated rating scale dengan nama Instrumen Minat Vokasional yang terdiri dari 24 butir yang mendiskripsikan aspek minat vokasional; dan (2) instrumen ini dinyatakan valid, dengan nilai faktor loading terendah 0,61 dan tertinggi 0,89 (standar nilainya >0,50). Reliabilitas instrumen adalah signifikan yang ditunjukkan oleh besaran nilai reliabilitas konstruknya 0,80(>0,70). Model pengukuran minat vokasional dengan enam aspek yang diambil dari tipologi Holand yaitu reaslitc, invenstigative, artistic, social, enterprising dan conventional (RIASEC) dinyatakan fit, ditandai dengan Mean Square Error of Approximation (RMSEA) = 0,039 (< 0,08). Hasil ini menunjukkan bahwa model pengukuran minat vokasional yang dihipotesiskan sesuai dengan data sehingga dapat dinyatakan bahwa model yang digunakan untuk mengestimasi matrik kovarian populasi tidak berbeda dengan matrik kovarian sampel sehingga hasil estimasi yang diperoleh dari data sampel dapat dijadikan sebagai basis untuk membuat generalisasi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: minat vokasional, instrumen, pengukuran, validitas dan reliabilitas.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Dec 2016 02:41
Last Modified: 20 Jun 2022 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44641

Actions (login required)

View Item View Item