LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 TEMPEL PERIODE 2 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014

Rista Nurul Hidayah, Rista Nurul Hidayah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 TEMPEL PERIODE 2 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rista Nurul Hidayah_11201241028_PBSI.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMP Negeri 2 Tempel Sleman Yogyakarta yang beralamat di Jl. Balangan-Tempel, Banyurejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan mengajarkan materi Bahasa Indonesia kelas VIII semester 1. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi/modul sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktik mengajar di lapangan praktikan wajib membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMP Negeri 2 Tempel Sleman Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 2 Juli hingga 17 September 2014, antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga mendapat kesempatan mengajar sebanyak 32 kali, yaitu 15 kali di kelas VIII A, 17 kali di kelas VIII B. Adapun materi yang diajarkan adalah memahami teks cerita moral/fabel, menangkap makna teks cerita moral/fabel, membedakan teks cerita moral/fabel, menyusun teks cerita moral/fabel, mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, menelaah dan merevisi teks cerita moral/fabel, mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel, meringkas teks cerita moral/fabel, memahami ulasan, menangkap makna teks ulasan dengan menggunakan metode permodelan dengan teknik bervariasi, demonstrasi, latihan soal, diskusi kelompok, dan penugasan. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar, serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu, terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, siswa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Dec 2016 01:03
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44624

Actions (login required)

View Item View Item