PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Darmawan, I Gusti Bagus (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
I Gusti Bagus Darmawan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:seberapa besar faktor motivasi belajar yang mempengaruhi hasil belajar. Seseorang yang memiliki motivasi cenderung untuk mencurahkan segala kemampuanya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasil belajarnya pun meningkat. Akan tetapi, kuat dan lemahnya motivasi setiap orang berbeda, hal itu dipengaruhi oleh faktor (1)cita-cita atau aspirasi, (2)kemampuan belajar, (3)kondisi siswa, (4)kondisi lingkungan siswa, (5)unsur-unsur dinamis dalam belajar dan (6)upaya guru dalam membelajarkan siswa. Penelitian ini merupakan expo facto dengan pendekatan kuantitatif variable- variabel bebas telah terjadi ketika mulai dengan pengamatan variable-variabel terkait. Penelitian expost facto dipilih karena penulis bermaksud mencari pengaruh variable bebas terhadap variable terikat, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan Tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 65 siswa. Pengambilan sampel dengan taraf kesalahan 5% sebanyak 55 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis kuantitatif. Dari hasil pengumpulan data dengan 55 responden valid dan 0 reponden tidak valid, setiap indikator mempunya nilai mean rata-rata 2,19 menyatakan siswa di SMK Negeri 1 seyegan masuk dalam kategori sedang, hasil belajar siswa melebihi batas KKM yaitu dg rata-rata siswa mendapatkan nila 80, Terdapat pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran menggambar bangunan jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan dibuktikan dengan Ry = 0,104; dan Fhitung = 6,266 > Ftabel = 1,94 ini sangat berpengaruh sangat dengan motivasi yang sedang atau kadang-kadang siswa termotifasi siswa dapat mencapai nilai maksimal

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, dan menggambar bangunan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:13
Last Modified: 05 Mar 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44612

Actions (login required)

View Item View Item