EFEKTIVITAS PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Farhan, Santoso (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
FARHAN-10502241019.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar model konvensional pada pembelajaran Teknik Elektronika Dasar, (2) Hasil belajar model Quantum Teaching pada pembelajaran Teknik Elektronika, (3) Perbedaan hasil belajar antara model konvensional dan model Quantum Teaching pada pembelajaran Elektronika Dasar materi gerbang logika dasar pada siswa kelas X Kompetensi Paket Keahlian Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Seyegan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kompetensi Paket Keahlian Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Seyegan sejumlah 6 kelas dengan 183 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas Kompetensi Paket Keahlian Tenik Ototronik SMK Negeri 1 Seyegan yaitu 31 siswa di kelas eksperimen dan 31 siswa di kelas kontrol. Kelas X TO 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TO 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposif sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model quantum teaching lebih efektif dibanding pembelajaran dengan cara konvensional (kontrol) pada siswa kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Seyegan tahun ajaran 2014/2015. Pada aspek kognitif siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (82,16) dan kelas kontrol (68,69). Serta diperoleh nilai signifikansi (0,004). Pada aspek afektif siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (81,95) dankelas kontrol (77,22). Serta diperoleh t hitung sebesar 3,090 dengan signifikansi 0,003. Sedangkan pada aspek psikomotorik siswa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (84,15) dan kelas kontrol (82,02). Serta diperoleh t hitung sebesar (3,287) dengan signifikansi (0,002). Kata kunci : quantum teaching, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44607

Actions (login required)

View Item View Item