LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 SENOLO

ADE ARYANI, ADE ARYANI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 SENOLO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ade Aryani (10209244038).pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL terdiri dari dua bagian yaitu kegiatan di kampus dan kegiatan di sekolah. Kegiatan di kampus meliputi Micro Teaching , kegiatan pembekalan kepada mahasiswa mengenai kegiatan PPL yang dilaksanakan pada bulan Juli - September dan monitoring yang dilaksanakan dua minggu sekali dengan maksud mengatasi segala permasalahan yang dialami selama di lokasi PPL. Kegiatan di sekolah meliputi observasi lapangan yang digunakan sebagai landasan pembentukan program kerja dan merupakan awal pengenalan kondisi sekolah, Kegiatan selanjutnya yaitu praktek mengajar terbimbing dimana mahasiswa praktikan dibimbing sebelum proses pembelajaran dalam menyusun perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran terdiri dari membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk, cara evaluasi, dan menutup pelajaran.Dalam kegiatan PPL di SMP N 3 Sentolo, mahasiswa praktikan mendapat kesempatan praktik mengajar Seni Budaya khususnya Seni tari di kelas VIII yaitu VIII E dan F. Praktikan melakukan praktek mengajar di kelas setiap hari Selasa jam ke 3, Rabu jam ke 1-4 dan Jumat jam ke 5. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masingmasing. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan yang melampirkan dokumendokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran seperti RPP, materi, daftar nilai,analisis butir soal, daftar hadir, soal ulangan, dan lain-lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44606

Actions (login required)

View Item View Item