PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH DALAM MEMAHAMI KONSEP SENSOR DAN AKTUATOR DENGAN METODE MIND MAPPING

Panji, Sutowo (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH DALAM MEMAHAMI KONSEP SENSOR DAN AKTUATOR DENGAN METODE MIND MAPPING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PANJI SUTOWO_1152241025.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas yang dibagi menjadi peningkatan penunjang kreativitas dan sikap pendukung kreativitas siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih setelah diterapkan metode pembelajaran mind mapping . Pene litian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Subjek dari p enelitian ini adalah siswa kelas X I Teknik Elektronika Industri tahun ajaran 2014/2015 di SMK Negeri 2 Pengasih yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dal am penelitian ini menggunakan lembar observasi kreativitas dan dokumentasi . Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran sensor dan aktuator. Peningkatan kreativitas meliputi peningkatan penunjang kreativitas dan sikap pendukung kreativitas . Rata - rata presentase komponen penunjang kreativitas siswa pada setiap siklus mening kat dari 65,94% menjadi 88,44%. Rata - rata presentase sikap pendukung kreativitas siswa pada setiap siklus meningkat dari 66,50% menjadi 87,13%. Kata kunci: Mind Mapping , kreativitas , sensor dan aktuato

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44605

Actions (login required)

View Item View Item