Panji, Sutowo (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK N 2 PENGASIH DALAM MEMAHAMI KONSEP SENSOR DAN AKTUATOR DENGAN METODE MIND MAPPING. S1 thesis, UNY.
|
Text
PANJI SUTOWO_1152241025.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas yang dibagi menjadi peningkatan penunjang kreativitas dan sikap pendukung kreativitas siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih setelah diterapkan metode pembelajaran mind mapping . Pene litian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Subjek dari p enelitian ini adalah siswa kelas X I Teknik Elektronika Industri tahun ajaran 2014/2015 di SMK Negeri 2 Pengasih yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dal am penelitian ini menggunakan lembar observasi kreativitas dan dokumentasi . Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih pada mata pelajaran sensor dan aktuator. Peningkatan kreativitas meliputi peningkatan penunjang kreativitas dan sikap pendukung kreativitas . Rata - rata presentase komponen penunjang kreativitas siswa pada setiap siklus mening kat dari 65,94% menjadi 88,44%. Rata - rata presentase sikap pendukung kreativitas siswa pada setiap siklus meningkat dari 66,50% menjadi 87,13%. Kata kunci: Mind Mapping , kreativitas , sensor dan aktuato
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 02:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |