PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK N 1 BENDO KABUPATEN MAGETAN

Hary, Kurniawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK N 1 BENDO KABUPATEN MAGETAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HARY KURNIAWAN_11501241018.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan rancangan model media pembelajaran interaktif yang tepat untuk materi piranti elektronika daya pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, (2) mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif materi piranti elektronika daya, (3) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif materi p iranti elektronika daya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) . Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari : (1) analysis, (2) design, (3) development & implementati on, dan (4) evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna produk . Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model media pembelajaran interaktif yang tepat untuk materi piranti elektronika daya harus mencakup aspek materi dan aspek media ; (2) Pengemb angan media pembelajaran interaktif materi piranti elektronika daya pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi dan tahap evaluasi; (3) penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 97,5 dan masuk dalam kategori baik digunakan sebagai media pembelajaran. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 106 sehingga masuk dalam kategori sangat baik digunakan sebagai media pe mbelajaran. Hasil penilaian respon siswa mendapatkan rerata skor 125,78 sehingga masuk dalam kategori sangat baik sebagai media pembelajaran. 36% siswa menyatakan produk masuk dalam kategori baik sebagai media pembelajaran dan 64% siswa menyatakan media pembelajaran masuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: media pembelajaran interaktif, macromedia flash 8 , dasar dan pengukuran listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44603

Actions (login required)

View Item View Item