PENGEMBANGAN BUKU POP-UP TATA CARA DAN MANFAAT GERAKAN SHALAT BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI RUMAH BELAJAR INDONESIA BANGKIT (RBIB) JOGJA

Hidayah, Nur Ahya (2016) PENGEMBANGAN BUKU POP-UP TATA CARA DAN MANFAAT GERAKAN SHALAT BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI RUMAH BELAJAR INDONESIA BANGKIT (RBIB) JOGJA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nur Ahya Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan buku pop-up dan mengetahui tingkat validitas buku pop-up yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB) dengan subjek penelitian anak usia sekolah dasar sejumlah 38 anak dengan rincian 3 anak pada uji coba lapangan awal, 10 anak pada uji coba lapangan utama, dan 25 anak pada uji coba lapangan operasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan penulis mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, (10) dissemination and implementation. Tahap kesepuluh yaitu dissemination and implementation tidak dilakukan dalam penelitian ini karena keterbatasan peneliti dalam melaksanakan tahapan tersebut. Buku pop-up yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diujicobakan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskiptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi memperoleh skor akhir 4,5 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor akhir 4,09 dengan kategori baik. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh skor 4,57 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama 4,49 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan operasional memperoleh skor 4,35 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, buku pop-up tata cara dan manfaat gerakan shalat yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran materi shalat kelas anak usia sekolah dasar di Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB). Kata kunci: buku pop-up, tata cara shalat, anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 07:28
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44600

Actions (login required)

View Item View Item