PELAKSANAAN PEMBELAJAR KELOMPOK TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BACIRO YOGYAKARTA

Kusumawati, Lucia Dewi (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJAR KELOMPOK TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lucia Dewi Kusumawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Proses pembelajaran sangat penting dalam mendukung pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Salah satunya dengan melaksanakan belajar kelompok. Dengan belajar kelompok dapat membantu siswa untuk saling berdiskusi, berargumentasi dan memotivasi belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan belajar kelompok pada siswa kelas III SD Negeri Baciro Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Baciro Yogyakarta pada bulan Agustus 2016. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive yakni subyek yang dipilih didasarkan pada kriteria yaitu tujuan penelitian, sehingga subyek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan siswa kelas III di SD Negeri Baciro Yogyakarta sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan belajar kelompok pada siswa kelas III SD Negeri Baciro adalah tipe Numbered-Head Together (NHT). Hal ini sesuai dengan tahapan pembelajaran yang dilalui yakni pada intinya pada persiapan kegiatan pembelajaran memberi salam, melakukan presensi siswa, menyanyikan sebuah lagu yang berkaitan dnegan materi yang akan dipelajari, guru menjelaskan tujuan dan materi yang akan dipelajari. Selanjutnya siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, masing-masing siswa dalam kelompok diberi nomor. Pada tahapan penyampaian kegiatan pembelajaran, Guru memberikan tugas/pertanyaan pada masing-masing kelompok untuk mengerjakannya. Setiap kelompok mulai berdiskusi untuk menemukan jawaban yang dianggap paling tepat dan memastikan anggota kelompok mengetahui jawaban tersebut. Guru melakukan monitoring dengan mendatangi setiap kelompok. Selanjutnya, guru memanggil salah satu nomor secara acak. Siswa dengan nomor yang dipanggil mempresentasikan jawaban dari hasil diskusi kelompoknya. Guru membahas hasil kerja kelompok. Guru memberikan hadiah kepada kelompok terbaik. Tahapan penutupan kegiatan pembelajaran yakni guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari, memberi tugas untuk dikerjakan di rumah. Namun guru tidak menyampaikan kepada siswa mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Kata kunci: Belajar kelompok, Numbered Head Together, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44585

Actions (login required)

View Item View Item