PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI MARGOYOSO

Chotimah, Husnul (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI MARGOYOSO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Husnul Chotimah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri Margoyoso menggunakan metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Margoyoso 2016/2017 berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi globalisasi. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Margoyoso. Langkah metode Index Card Match yang digunakan adalah (1) menyiapkan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban; (2) Acak kartu dengan mengocok; (3) Bagikan kepada tiap siswa; (4) Perintahkan siswa menemukan pasangannya; (5) Minta siswa duduk berdampingan dengan pasangannya; (6) membacakan isi kartu. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah tindakan. Presentase ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 25,80%, pada siklus I sebesar 57,14% dan pada siklus II sebesar 80,65%. Kata kunci: prestasi belajar PKn, metode pembelajaran, Index Card Match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 05:36
Last Modified: 30 Jan 2019 12:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44581

Actions (login required)

View Item View Item