Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Karakter dengan Pendekatan Discovery sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kretek.

Husna, Asmaul (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Karakter dengan Pendekatan Discovery sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kretek. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asmaul-husna-14719251012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) spesifikasi; (2) kelayakan; (3) keterlaksanaan; (4) efektivitas; dan (5) respon peserta didik terhadap LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery, untuk peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penilaian LKPD dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, satu guru ekonomi, dan satu teman sejawat. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas X SMA, dengan rincian enam peserta didik kelas X-3 SMAN 1 Kretek untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 peserta didik kelas X-1 SMAN 1 Kretek untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data keterlaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pengamatan oleh dua orang pengamat, angket respon peserta didik, dan tes (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) spesifikasi LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery berupa media cetak; (2) hasil kelayakan LKPD ditinjau dari keseluruhan aspek penilaian oleh para ahli, secara umum termasuk kategori sangat layak dengan jumlah skor sebesar 79,91; (3) keterlaksanaan LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery sebesar 84,50% dengan kategori tinggi; (4) pada pembelajaran dengan menggunakan LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery efektif meningkatkan: a) hasil belajar peserta didik sangat baik karena mengalami peningkatan, rata-rata nilai 79.45 termasuk kategori baik; b) karakter tanggung jawab peserta didik sangat baik, dengan rata-rata 70,10%, perkembangan karakter jujur termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai 87,92%, sedangkan rata-rata perkembangan karakter disiplin sebesar 78,16% termasuk kategori tinggi; dan (5) respon peserta didik terhadap LKPD terintegrasi karakter dengan pendekatan discovery dengan nilai 20,40 termasuk kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, pendekatan discovery, hasil belajar, pendidikan karakter.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:48
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44575

Actions (login required)

View Item View Item