ANALISIS DAN PERBANDINGAN LOAD BALANCER DATABASE HAPROXY DAN MAXSCALE DALAM PERFORMA KECEPATAN WEBSITE E-LEARNING MOODLE

Fiandrianto, Anjar (2015) ANALISIS DAN PERBANDINGAN LOAD BALANCER DATABASE HAPROXY DAN MAXSCALE DALAM PERFORMA KECEPATAN WEBSITE E-LEARNING MOODLE. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Skripsi_Anjar Fiandrianto_NIM.08520244014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengetahui cara membuat database cluster untuk meningkatkan skalabilitas Moodle, (2)mengetahui cara menghilangkan deadlock yang terjadi di database cluster yang menggunakan HAProxy, (3) mengetahui perbedaan performa website Moodle jika menggunakan load balancer HAProxy atau MaxScale. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif untuk menganalis dan meyimpulkan apakah ada perbedaan performa saat database cluster yang digunakan di moodle saat menggunakan HAProxy atau MaxScale. Tempat penelitian menggunakan layanan EC2 dari Amazon Web Service. Intrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat lunak Httperf dengan berdasar pada standar internasional ITU-T G.1030 11/2005. Variabel yang diteliti di penelitian ini adalah Troughput, Response Time, Reply Client dan Error Client. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Moodle bisa dijadikan sistem cluster dengan menjadikan web server tunggal menjadi cluster dan database server tunggal menjadi database cluster menggunakan Galera Cluster dan Percona Cluster, (2) load balancer MaxScale mempunyai fitur read-write split yang menjadikan database server tidak mengalami deadlock sehingga database terbebas dari masalah redudansi data, (3)tidak ditemukan perbedaan performa website Moodle jika menggunakan load balancer HAProxy atau MaxScale. Kata kunci : cluster, ITU-T G.1030 11/2005, haproxy, maxscale, aws

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Dec 2016 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 12:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44563

Actions (login required)

View Item View Item