PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BERBAH DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Nur Rochmah, Rovi’atun (2013) PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BERBAH DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Rovi'atun Nur Rochmah_07205244095.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BERBAH DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES Oleh Rovi’atun Nur Rochmah NIM. 07205244095 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis berita bahasa Jawa kelas IX SMP Negeri 1 Berbah, tepatnya bagi siswa kelas IX A dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Pendekatan keterampilan proses merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran menulis naskah berita bahasa Jawa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu meningkatnya minat dan keterampilan siswa dalam menulis naskah berita bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan desain Classroom Action Research. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Berbah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Berbah, khususnya kelas IX A. Siswa kelas IX A. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah berita bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga macam, yaitu teknik pengamatan, catatan lapangan, dan tes menulis naskah berita bahasa Jawa. Instrument penelitian ini berupa lembar pengamatan, catatan lapangan, foto, dan tes menulis naskah berita bahasa Jawa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas demokratik, hasil, proses, dan dialogis. Reliabilitas penelitian ini menggunakan triangulasi instrument yaitu lembar pengamatan, catatan lapangan, hasil tes menulis berita bahasa Jawa, dan juga dokumentasi foto selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan perubahan positif pada siswa. Perubahan positif pada siswa mempengaruhi hasil test yang persentasenya meningkat pada setiap siklus. Nilai rata-rata pretest 62,4 meningkat menjadi 66,3 pada siklus I. Pada siklus II menjadi 73,5 dan siklus III menjadi 79,1. Persentase peningkatan sebesar 6,3% pada siklus I. Siklus II meningkat 10,9%, dan siklus III meningkat menjadi 7,6%. Perubahan sikap siswa terlihat saat proses pembelajaran berlangsung. Antusiasme siswa meningkat ditandai dengan siswa dapat mencari bahan dari berbagai sumber pada tahap pramenulis, Siswa dapat mengembangkan kerangka karangan. Siswa berani tampil di depan membacakan naskah berita tanpa diminta oleh guru pada tahap publikasi, dan siswa sudah mencatat materi yang dianggap penting. Keaktifan siswa meningkat ditandai dengan siswa berani bertanya dan mengemukakan pendapat pada tahap pramenulis, menulis, editing, dan menyunting. Keseriusan siswa mengerjakan tugas terlihat pada tahap menulis, editing, dan menyunting. Dalam penelitian ini terdapat temuan yaitu penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan menulis berita berbahasa Jawa pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Berbah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MENULIS BERITA, BERBAHASA JAWA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:15
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44558

Actions (login required)

View Item View Item