MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE PROYEK KELOMPOK B DI TK ABA BARAHAN TIRTORAHAYU GALUR KULON PROGO

Nur Hidayah, Widyaningrum (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE PROYEK KELOMPOK B DI TK ABA BARAHAN TIRTORAHAYU GALUR KULON PROGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Nur Hidayah Widyaningrum_12111247012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dengan menggunakan metode proyek dalam meningkatkan keterampilan sosial pada anak TK ABA Barahan.Metode proyek dipilih karena mendorong anak untuk dapat berbagi dengan teman, menunggu giliran, dan bergabung bermain bersama teman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart.Subjek penelitian ini adalah 20 anak yang terdiri 11 anak perempuan 9 anak laki-laki.Objek penelitian ini adalah keterampilan sosial anak yang meliputi 3 indikator berbagi dengan teman, menunggu giliran, bergabung bermain bersama teman.Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dikatakan berhasil apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan keterampilan sosial melalui metode proyek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak kelompok B di TK ABA Barahan berkembang baik. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil pratindakan sebesar 42,08% Siklus I meningkat menjadi 76,37% dan pelaksanaan siklus II dengan persentase 86.25%. Berdasarkan hasil Siklus II sudah sesuai kriteria baik maka penelitian ini dapat dihentikan. Dengan demikian metode proyek dapat memebrikan stimulasi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial anak di TK ABA Barahan Tirtorahayu Galur Kulon Progo. Kata kunci: keterampilan sosial, metode proyek

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:02
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44540

Actions (login required)

View Item View Item