ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASSIS PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Dhani, Nugroho (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASSIS PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
93 Dhani Nugroho.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa; (2) Penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor; siswa, guru, fasilitas, lingkungan, materi pelajaran; dan (3) Besarnya penyebab kesulitan belajar pada faktor; siswa, guru, fasilitas, lingkungan dan materi pelajaran PCPTKR siswa kelas XII Jurusan TKR di SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah 103 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas XII TKR yang berjumlah 131 siswa. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Krecjie yang mempunyai taraf kepecayaan 95%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor itern dan faktor ekstern; (2) Kesulitan belajar yang ditinjau dari: (a) Faktor siswa yaitu: kondisi fisik, pemahaman materi, sikap siswa, kondisi emosional; (b) Faktor guru: metode mengajar, sikap guru, pemberian tugas; (c) Faktor fasilitas: kondisi ruang kelas, perlengkapan praktik, buku pelajaran; (d) Faktor lingkungan: kondisi keluarga, masyarakat, sekolah; (e) Faktor materi pelajaran: kapasitas materi pelajaran, materi sistem kopling, sistem transmisi, sistem final drive, sistem poros penggerak roda, sistem rem, sistem kemudi; (3) Besarnya penyebab kesulitan belajar yaitu: (a) Faktor siswa menyebabkan kesulitan belajar sebesar 19,12% dengan indikator: kondisi fisik 23,90%, pemahaman terhadap materi 26,99%, sikap siswa 23,25%, kondisi emosional 25,86%; (b) Faktor guru menyebabkan kesulitan belajar sebesar 20,56% dengan indikator: metode mengajar 30,43%, sikap guru 29,03%, pemberian tugas 40,53%; (c) Faktor fasilitas menyebabkan kesulitan belajar sebesar 21,64% dengan indikator: kondisi ruang kelas 35,92%, perlengkapan praktik 32,14%, buku pelajaran 31,93%; (d) Faktor lingkungan menyebabkan kesulitan belajar sebesar 17,98% dengan indikator: kondisi keluarga 29,04%, kondisi masyarakat 35,40%, kondisi sekolah 35,56%; (e) Faktor materi pelajaran menyebabkan kesulitan belajar sebesar 20,70% dengan indikator: kapasitas materi pelajaran 13,67%, materi sistem kopling 14,21%, materi sistem transmisi 15,85%, materi sistem final drive 15,60%, materi sistem rem 12,19%, materi sistem poros penggerak roda 14,90% dan materi sistem kemudi 13,58%. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, PCPTKR, Teknik Kendaraan Ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44539

Actions (login required)

View Item View Item