Dhani, Nugroho (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASSIS PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
93 Dhani Nugroho.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa; (2) Penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor; siswa, guru, fasilitas, lingkungan, materi pelajaran; dan (3) Besarnya penyebab kesulitan belajar pada faktor; siswa, guru, fasilitas, lingkungan dan materi pelajaran PCPTKR siswa kelas XII Jurusan TKR di SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah 103 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas XII TKR yang berjumlah 131 siswa. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Krecjie yang mempunyai taraf kepecayaan 95%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor itern dan faktor ekstern; (2) Kesulitan belajar yang ditinjau dari: (a) Faktor siswa yaitu: kondisi fisik, pemahaman materi, sikap siswa, kondisi emosional; (b) Faktor guru: metode mengajar, sikap guru, pemberian tugas; (c) Faktor fasilitas: kondisi ruang kelas, perlengkapan praktik, buku pelajaran; (d) Faktor lingkungan: kondisi keluarga, masyarakat, sekolah; (e) Faktor materi pelajaran: kapasitas materi pelajaran, materi sistem kopling, sistem transmisi, sistem final drive, sistem poros penggerak roda, sistem rem, sistem kemudi; (3) Besarnya penyebab kesulitan belajar yaitu: (a) Faktor siswa menyebabkan kesulitan belajar sebesar 19,12% dengan indikator: kondisi fisik 23,90%, pemahaman terhadap materi 26,99%, sikap siswa 23,25%, kondisi emosional 25,86%; (b) Faktor guru menyebabkan kesulitan belajar sebesar 20,56% dengan indikator: metode mengajar 30,43%, sikap guru 29,03%, pemberian tugas 40,53%; (c) Faktor fasilitas menyebabkan kesulitan belajar sebesar 21,64% dengan indikator: kondisi ruang kelas 35,92%, perlengkapan praktik 32,14%, buku pelajaran 31,93%; (d) Faktor lingkungan menyebabkan kesulitan belajar sebesar 17,98% dengan indikator: kondisi keluarga 29,04%, kondisi masyarakat 35,40%, kondisi sekolah 35,56%; (e) Faktor materi pelajaran menyebabkan kesulitan belajar sebesar 20,70% dengan indikator: kapasitas materi pelajaran 13,67%, materi sistem kopling 14,21%, materi sistem transmisi 15,85%, materi sistem final drive 15,60%, materi sistem rem 12,19%, materi sistem poros penggerak roda 14,90% dan materi sistem kemudi 13,58%. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, PCPTKR, Teknik Kendaraan Ringan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 01:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44539 |
Actions (login required)
View Item |