PENINGKATAN PENGETAHUAN NILAI MORAL MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B2 DI KB MUTIARA INSAN CENDEKIA BOYOLALI

Tenia, Arraniri (2016) PENINGKATAN PENGETAHUAN NILAI MORAL MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B2 DI KB MUTIARA INSAN CENDEKIA BOYOLALI. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
TENIA ARRANIRI_12111241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan nilai moral anak melalui media Mind Mapping di Kelompok B2 KB Mutiara Insan Cendekia Boyolali. Penggunaan media Mind Mapping dapat merubah informasi mengenai nilai-nilai moral yang bersifat abstrak menjadi diagram gambar berwarna-warni, mudah diingat dan sangat beraturan dan sejalan dengan cara kerja alami otak anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan subjek semua anak Kelompok B2 di KB Mutiara Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 13 anak. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan nilai moral anak dapat ditingkatkan melalui media Mind Mapping. Tindakan yang diterapkan yaitu memanggil anak satu persatu kedepan kelas, mempersilahkan anak mengambil gambar yang benar tentang perilaku baik dan buruk serta tata tertib di sekolah, menanyakan kepada anak tentang gambar yang diambil serta menggali tingkat pengetahuan nilai moral anak, dan diakhiri dengan menempel dan mengklasifikasikan gambar pada media Mind Mapping. Peningkatan pengetahuan nilai moral anak ditunjukkan dengan data dari penelitian pra tindakan, di mana anak yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak (15,40%), sedangkan pada pasca Siklus I menjadi 7 anak (53,80%), selanjutnya pada pasca Siklus II meningkat menjadi10 anak (76,90%). Kata kunci: pengetahuan moral, anak, mind mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44537

Actions (login required)

View Item View Item