Kartika, Tita Ayu and Retnawati, Heri (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN SETTING MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI SISWA SMP. S1 thesis, UNY.
Text
Awal.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah sebanyak empat kelas dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak yakni kelas VIII C dan VIII D. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan setting STAD dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis dan prestasi siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, 2) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, 3),pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif dibanding pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau keduanya memiliki efektivitas yang sama ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, 4) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif dibanding pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau keduanya memiliki efektivitas yang sama ditinjau dari prestasi belajar siswa. Kata kunci: saintifik, STAD, kemampuan komunikasi matematis, prestasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 13 Dec 2016 01:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44535 |
Actions (login required)
View Item |