KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN SETTING MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI SISWA SMP

Kartika, Tita Ayu and Retnawati, Heri (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN SETTING MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah sebanyak empat kelas dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak yakni kelas VIII C dan VIII D. Kedua kelas diberikan perlakuan berbeda yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan setting STAD dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis dan prestasi siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5%, disimpulkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, 2) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, 3),pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif dibanding pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau keduanya memiliki efektivitas yang sama ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, 4) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif dibanding pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau keduanya memiliki efektivitas yang sama ditinjau dari prestasi belajar siswa. Kata kunci: saintifik, STAD, kemampuan komunikasi matematis, prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44535

Actions (login required)

View Item View Item