PROGRAM LINEAR FUZZY DENGAN KOEFISIEN TEKNIS DAN KOEFISIEN RUAS KANAN BERBENTUK BILANGAN FUZZY LINEAR TURUN DAN APLIKASINYA PADA MASALAH OPTIMASI LABA PB. GUYUB RUKUN

Saputro, Dinar Ayu Musthika and Kusumawati, Rosita (2016) PROGRAM LINEAR FUZZY DENGAN KOEFISIEN TEKNIS DAN KOEFISIEN RUAS KANAN BERBENTUK BILANGAN FUZZY LINEAR TURUN DAN APLIKASINYA PADA MASALAH OPTIMASI LABA PB. GUYUB RUKUN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas proses penyelesaian program linear fuzzy dengan koefisien teknis dan koefisien ruas kanan berbentuk bilangan fuzzy linear turun dan aplikasinya pada masalah optimasi laba PB. Guyub Rukun untuk menentukan banyaknya produksi beras slip dan beras kristal sehingga diperoleh laba optimal. Program linear fuzzy dengan koefisien teknis dan koefisien ruas kanan berbentuk bilangan fuzzy linear turun dapat diselesaikan dengan mengubah bilangan fuzzy kedalam bilangan tegas melalui proses defuzzyfikasi yang mengandung aturan cross product pada fungsi kendala sehingga diperoleh himpunan penyelesaian yang non konveks. Untuk menyelesaikan model optimasi non konveks digunakan metode fuzzy decisive set dengan bantuan software Matlab. Proses defuzzyfikasi dilakukan dengan membentuk model program linear dan menentukan solusi optimal dari masing-masing model program linear, menentukan nilai batas atas dan batas bawah dari model program linear fuzzy, membuat fungsi keanggotaan fuzzy goal dan fuzzy constrainst dari model program linear fuzzy kemudian diiriskan untuk mendapat penyelesaian optimal pada fuzzy decision, membentuk model program linear dengan menggunakan parameter  dan menyelesaikan model program linear dengan metode fuzzy decisive set yang digunakan untuk mencari nilai  yang terbesar agar diperoleh daerah layak yang optimal. Hasil perhitungan dari aplikasi pada masalah optimasi laba PB. Guyub Rukun diperoleh jumlah produk beras slip dan beras kristal yang harus diproduksi dalam satu minggu yaitu beras slip sebanyak 274,603 kuintal dan beras kristal sebanyak 0 kuintal artinya tidak memproduksi beras kristal. Laba total yang akan diperoleh per minggu adalah sebesar Rp14.553.959,-. Kata kunci : program linear, program linear fuzzy, bilangan fuzzy linear turun, fungsi keanggotan linear.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 13 Dec 2016 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44531

Actions (login required)

View Item View Item