KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI MOTOR LISTRIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK BATUR JAYA 1 CEPER KLATEN

Zainab, Abdillah Fajri (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI MOTOR LISTRIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK BATUR JAYA 1 CEPER KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
92ZAINAB_10501244022_MTQ.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran model Project Based Learning untuk materi Instalasi Motor Listrik ditinjau dari ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen; dan (2) keefektifan model Project Based Learning untuk peningkatan kompetensi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan desain quasi experiment . Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TIPTL A (kelas eksperimen) dan XI TIPTL B (kelas kontrol) Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten semester gasal tahun ajaran 2014/ 2015. Instrumen berupa soal tes pretest, posttest , dan observasi. Analisis data menggunakan Uji Mann-Withney (Uji- U). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan modelProject Based Learning dapat meningkatkan kompetensi yang dicapai oleh siswa untuk materi Instalasi Motor Listrik dengan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning ditinjau dari ranah kognitif, U=96,000, taraf signifikansi 0,000. Ditinjau dari ranah afektif dengan U=260,000, taraf signifikansi 0,005; dan ditinjau dari ranah psikomotorik dengan U=316,500, taraf signifikansi 0,047. Terdapat perbedaan hasil belajar antara yang diajar dengan Project Based Learning dan yang diajar dengan model konvensional jika kemampuan awal dan observasi dikendalikan pada pembelajaran materi Instalasi Motor Listrik di SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten dengan nilai U tabel pada Tabel Mann-Withney, dengan α=0,005 dengan n1=30 dan n2=30 diperoleh nilai sebesar 114. U hitung (96,000) lebih besar dari U tabel (114), sig. 2-tailed (0,000) lebih besar alpha 0,05. (2) keefektifan menggunakan modelProject Based Learning pada ranah kognitif lebih tinggi dengan nilai gain sebesar 0,47 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan keefektifan menggunakan model konvensional pada ranah kognitif mempunyai nilai gain sebesar 0,33 termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: keefektifan, project based learning, kompetensi, instalasi motor listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Dec 2016 11:10
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44511

Actions (login required)

View Item View Item