PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X KR 1 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Widiantoro, Widiantoro (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X KR 1 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
92WIDIANTORO_10504249002_TAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan belajar Pembacaan dan Pemahaman Gambar Teknik (PPGT) siswa kelas X KR 1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan penerapan metode pembelajaran team teaching, (2) mengetahui tanggapan atau respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran team teaching pada mata pelajaran Pembacaan dan Pemahaman Gambar Teknik (PPGT). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X KR 1 Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Yogyakarta, dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket respon siswa, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75,00% peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran team teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar Pembacaan dan Pemahaman Gambar Teknik (PPGT) siswa kelas X KR 1 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Rata-rata keaktifan belajar Pembacaan dan Pemahaman Gambar Teknik (PPGT) siswa pada pra siklus hanya mencapai 55,17%. Setelah diterapkan metode pembelajaran team teaching pada siklus I rata-rata keaktifan belajar Pembacaan dan Pemahaman Gambar Teknik (PPGT) siswa mencapai 72,59% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,77%. Rata-rata pengisian angket tanggapan atau respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran team teaching tiap indikator keaktifan belajar siswa sangat baik dengan persentase mencapai 85,50% pada tahap siklus I dan pada tahap siklus II meningkat menjadi 90,74%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian diterima. Kata Kunci : metode pembelajaran team teaching, dan keaktifan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Dec 2016 11:11
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44509

Actions (login required)

View Item View Item