EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO “SOLUSI PINTAR JELAS DAN MUDAH” (SPLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII DI MTsLB YAKETUNIS YOGYAKARTA

Delani, Ruth (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO “SOLUSI PINTAR JELAS DAN MUDAH” (SPLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII DI MTsLB YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ruth Delani_11105241024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media audio SPLASH terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas VII di MTsLB Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII C di MTsLB Yaketunis Yogyakarta yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik parametrik dengan uji rerata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio SPLASH efektif terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra kelas VII di MTsLB Yaketunis. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor pre-test adalah 65 dan rata-rata skor post-test adalah 82,5 sehingga dapat dilihat terjadi peningkatan setelah menggunakan media audio SPLASH sebesar 17,5.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:24
Last Modified: 30 Jan 2019 12:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44506

Actions (login required)

View Item View Item