PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI BENTUK ENERGI DAN PENGGUNAANNYA PADA KELAS IV SD NEGERI TANGGULANOM TEMANGGUNG

Kurniawan, Sholeh Ismail Wais (2016) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI BENTUK ENERGI DAN PENGGUNAANNYA PADA KELAS IV SD NEGERI TANGGULANOM TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Sholeh I W K_10105241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CD Interaktif pada mata pelajaran IPA materi bentuk energi dan penggunaannya terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 1 dan 2 Tanggulanom Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dengan variabel bebas pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif, serta variabel terikat hasil belajar siswa. Desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV SD Negeri 1 dan 2 Tanggulanom Temanggung. 16 siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanggulanom sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanggulanom sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut berdasarkan analisis uji-t kedua kelompok, diperoleh yaitu 2,126 yang mana lebih besar dari (2,042) dan memperoleh nilai signifikansi 0,042 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan CD interaktif lebih signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:22
Last Modified: 30 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44502

Actions (login required)

View Item View Item