PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC TIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Erric, Yulistyono (2016) PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK PEMESINAN FRAIS CNC TIPE FOCUS ESEMKA VMC-L540 SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XII DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
92 Erric Yulistyono.pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kelayakan modul yang diterapkan di kelas XII SMK N 3 Yogyakarta; (2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar sesudah menggunakan modul pada proses belajar mandiri teknik pemesinan frais CNC digunakan oleh siswa kelas XII SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan; (1) Perencanaan menulis modul dengan tahapan; (a) Informasi data siswa, (b) Menentukan tujuan pembelajaran, (c) Menentukan isi materi pembelajaran, (d) Menentukan media, (e) Menentukan strategi pembelajaran. (2) Pengembangan modul dengan tahapan; (a) Define (Analisis) (b) Design (Perancangan), (c) Develope (Pengembangan), (d) Testing (Pengujian); (3) Finalisasi; (4) Review; (5) Test. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Pemesinan. Sampel penelitian uji coba terbatas sebanyak 10 siswa dengan perwakilan 5 siswa XII TP 1 dan perwakilan 5 siswa XII TP 2. Data yang digunakan sebanyak 64 siswa yang terdiri dari kelas XII TP 1 dan XII TP 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran modul teknik pemesinan frais CNC yang dilakukan oleh beberapa ahli didapat : Nilai skor total ahli materi = 4,167, Nilai skor total guru = 3,963, Nilai skor total ahli media = 4,206, Nilai skor total ahli soal = 4,167, Nilai skor total uji coba skala kecil = 4,084, Nilai skor total uji coba skala luas = 3,974, Total hasil rata-rata = 4,102. Konversi nilai data kuantitatif ke data kualitatif kategori = BAIK. (2) Berdasarkan peningkatan prestasi belajar sesudah menggunakan modul didapat nilai : Rata-rata nilai pretest XII TP 1 (Kelas Eksperimen) = 70,00. Rata-rata nilai postest = 77,63. Rata-rata nilai pretest XII TP 2 (Kelas Kontrol) = 70,03. Rata-rata nilai postest = 74,50. N-Gain diperoleh nilai “0,4” (Kelas Eksperimen) dan 0,2 (Kelas Kontrol). Sehingga peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC Frais setelah menggunakan modul termasuk kategori SEDANG untuk Kelas XII TP 1 (Kelas Eksperimen). Kata Kunci: Modul, Teknik Pemesinan Frais CNC, Belajar Mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:22
Last Modified: 30 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44498

Actions (login required)

View Item View Item