PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA WAYANG DENGAN STRATEGI PEMETAAN MAKNA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 ADIMULYO KEBUMEN

Kunanti, Nurjanah (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA WAYANG DENGAN STRATEGI PEMETAAN MAKNA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 ADIMULYO KEBUMEN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Nurjanah Kunanti_07205244197.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA WAYANG DENGAN STRATEGI PEMETAAN MAKNA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 ADIMULYOKEBUMEN Oleh Nurjanah Kunanti NIM 07205244197 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca cerita wayang dengan menggunakan strategi pemetaan makna dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Adimulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMPNegeri 1 Adimulyo semester I tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi pemetaan makna.Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes.Data diperoleh melalui tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yang mencakup analisis proses dan hasil. Keabsahan datayang digunakan dalampenelitian ini adalah validitas, yaitu validitas proses, validitas demokratis, dan validitas dialog, untuk mencapai reliabilitas data digunakan dengan cara triangulasi, yaitu trianggulasi melalui sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemetaan makna dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita wayang siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Adimulyo, Kebumen. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap siswa ke arah positif. Keaktifan siswa ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya, berpendapat, siswa menjadi produktif membuat desain peta makna, siswa berdiskusi dan berkelompok dalam membuat peta makna kemudian saling memberikan komentar, serta siswa jadi tidak malu maju di depan kelas untuk menunjukkan hasil peta makna. Ketertiban siswa ditunjukkan dengan sikap tenang dan memperhatikan guru selama proses pembelajaran. Keberhasilan prestasi dilihat dari nilai rata-rata pratindakan sebesar 53,68 menjadi 65,59 pada siklus I, kemudian menjadi 74,70 pada siklus II, dan pada siklus III naik lagi menjadi 83,09. Berdasarkan nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa strategi pemetaan makna dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran membaca cerita wayang. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman dan strategi pemetaan makna

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca pemahaman dan strategi pemetaan makna
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 09 Dec 2016 06:37
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44496

Actions (login required)

View Item View Item