KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI MINOMARTANI 2

Puspitaningrum, Ervina (2016) KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI MINOMARTANI 2. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ervina Puspitaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengelola kelas dengan baik dengan beberapa tahap, yaitu memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan kelas, merancang lingkungan fisik kelas, menciptakan iklim belajar yang efektif, dan menjadi komunikator yang baik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian antara lain guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan komponen analisis data model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru di SD Negeri Minomartani 2 dilakukan dengan cara (1) penerapan prinsip-prinsip pengelolaan kelas, meliputi sikap hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal positif, dan penanaman disiplin; (2) merancang lingkungan fisik kelas dengan memperhatikan prinsip penyusunan kelas dan gaya penyusunan; (3) menciptakan iklim belajar yang efektif dengan melalui pemilihan gaya manajemen kelas, menerapkan peraturan, mengajak siswa saling bekerja sama, dan menghargai perilaku yang pantas; (4) menjadi komunikator yang baik meliputi keterampilan berbicara di mana guru telah memperhatikan beberapa strategi yang bagus untuk berbicara jelas di kelas dan mengembangkan keterampilan berbicara pada siswa, keterampilan mendengarkan di mana guru mengajarkan siswa untuk menghargai orang yang sedang berbicara dan mengerti maksud dari pembicaraan tersebut, serta penggunaan komunikasi nonverbal yang bertujuan untuk menekankan maksud melalui gerak tubuh tanpa kata-kata. Kata kunci: guru, pengelolaan kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Dec 2016 06:28
Last Modified: 30 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44494

Actions (login required)

View Item View Item