PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS V SD N KARANGMOJO BANTUL

Amalia, Dita Rusdia (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS V SD N KARANGMOJO BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dita Rusdia Amalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script pada siswa kelas V SD N Karangmojo Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, dengan guru sebagai kolaborator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Karangmojo yang berjumlah 35. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah meningkatnya rerata kelas siswa dari pra tindakan, siklus I, ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD N Karangmojo melalui model pembelajaran cooperative script. Siswa menjadi lebih percaya diri dan berani untuk berbicara mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I proses pembelajaran menunjukkan persentase 80,17% kesesuaian pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan pengamatan aktivitas siswa, kemudian meningkat menjadi 86,56% pada siklus II. Hal lain yang menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa adalah dengan melihat peningkatan rerata kelas. Pada tes pra tindakan rerata siswa kelas V adalah 55,14, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 63,14, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 75,14. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Cooperative Script, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Dec 2016 04:23
Last Modified: 30 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44491

Actions (login required)

View Item View Item