PENINGKATAN PENGUASAAN UNGGAH-UNGGUH BASA RAGAM KRAMA MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Zulfah, Noor ’Aini (2013) PENINGKATAN PENGUASAAN UNGGAH-UNGGUH BASA RAGAM KRAMA MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Noor 'Aini Zulfah_07205241012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PENGUASAAN UNGGAH-UNGGUH BASA RAGAM KRAMA MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Oleh Noor ’Aini Zulfah NIM 07205241012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan unggah-ungguh basa ragam krama siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan metode simulasi. Keterampilan siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman dalam kompetensi berbicara masih tergolong rendah dan belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Tahap penelitian tindakan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, catatan lapangan, tes berbicara dengan unggah-ungguh basa ragam krama dengan metode simulasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas demokratik dan validitas proses. Reliabilitas dalam penelitian tindakan ini dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah metode simulasi dapat meningkatkan penguasaan unggah-ungguh basa ragam krama pada siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman baik secara proses maupun hasil. Keberhasilan proses dapat dilihat dari motivasi siswa dalam menggunakan unggah-ungguh basa ragam krama ketika berbicara dengan guru. Selain itu siswa juga lebih mudah dalam memahami materi dan lebih intensif berlatih menggunakan unggah-ungguh basa ragam krama. Adapun peningkatan dari segi hasil adalah sebagai berikut. Nilai rata-rata pada tahap pratindakan sebesar 41,18; siklus I sebesar 53,24; siklus II sebesar 65; dan siklus III sebesar 71,21. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan penguasaan unggahungguh basa ragam krama pada siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UNGGAH-UNGGUH BASA, KRAMA, SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:20
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44486

Actions (login required)

View Item View Item