PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS X AP SMK KRISTEN 2 KLATEN

Sawitri, Niken (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS X AP SMK KRISTEN 2 KLATEN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Niken Sawitri_08205244062.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY) PADA SISWA KELAS X AP SMK KRISTEN 2 KLATEN Oleh Niken Sawitri NIM 08205244062 ABSTRAK Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini, untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa pada siswa kelas X AP SMK Kristen 2 Klaten dengan menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Kristen 2 Klaten, yang berjumlah 27 siswa puteri dalam satu kelas. Desain penelitian ini terdiri atas: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas pada penelitian ini terdiri atas dua pertemuan tahap pratindakan, dua pertemuan tahap siklus I, dua pertemuan tahap siklus II, dan dua pertemuan tahap siklus III. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penentuan keabsahan data menggunakan validitas dan reabilitas. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu vaditas demokratik, validitas hasil, dan validitas proses. Reabilitas dalam penelitian ini menggunakan reabilitas triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, yaitu dengan keberhasilan proses dan keberhasilan prestasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa dan dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa, dapat dilihat pada nilai rata-rata pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata sebelum dikenakan tindakan (pratindakan), sebesar 47,7. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I, sebesar 71,1. Hal tersebut berarti nilai rata-rata dari pratindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 23,4. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II, sebesar 77. Berarti mengalami peningkatan 5,9 dari hasil siklus I. Selanjutnya hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus III, sebesar 82,5, yang berarti mengalami peningkatan 5,5 dari siklus II. Strategi DRTA (Directed Reading Thingking Activity) juga dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman bacaan berbahasa Jawa. Siklus I sampai dengan siklus III ketepatan siswa dalam memprediksi cerita berdasarakan judul dan gambar yang diberikan oleh guru semakin meningkat. Semangat siswa dalam membaca bahan bacaan cerkak juga meningkat, hal ini karena adanya penggunaan berbagai media gambar oleh guru pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA, STRATEGI DRTA, SMK KRISTEN 2 KLATEN
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 09 Dec 2016 02:29
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44481

Actions (login required)

View Item View Item