PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL GERAK DASAR TENIS LAPANGAN UNTUK ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH TENIS KABUPATEN TEMANGGUNG

Dony April, Krismanto (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL GERAK DASAR TENIS LAPANGAN UNTUK ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH TENIS KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DONY APRIL KRISMANTO NIM 12601244040.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada di sekolah Tenis Temanggung adalah atlet kesulitan dalam menerapkan latihan yang dicontohkan oleh pelatih, selain itu belum adanya pemanfaatan media dalam latihan, serta tahapan latihan kurang diperhatikan. Media pembelajaran dapat dimanfaatkan sebab media bisa membantu atlet dalam berlatih, serta media bisa menarik perhatian atlet, sehingga bisa meningkatkan motivasi atlet dalam berlatih, khususnya latihan gerak dasar Tenis lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran video gerak dasar Tenis Lapangan untuk atlet pemula tingkat Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian atau angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, pelatih, dan atlet. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media, ahli materi, pelatih dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan empat langkah 4D yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli materi memperoleh skor 3 pada aspek materi masuk kategori sangat baik dan 2,8 pada aspek pembelajaran masuk kategori baik. Ahli media menilai 2,5 untuk aspek tampilan kategori baik dan 3,1 untuk aspek pemrograman kategori sangat baik. Hasil penilaian oleh tiga pelatih tenis yang sudah dirata-rata adalah 2,9 untuk aspek materi kategori baik dan 3,0 untuk aspek pembelajaran kategori sangat baik. Penilaian 24 atlet mendapat nilai rata-rata nilai 3,0 kategori baik. Secara keseluruhan berdasarkan hasil penilaian produk, media pembelajaran berbasis video tutorial gerak dasar Tenis lapangan baik digunakan sebagai media bantu proses latihan gerak dasar Tenis lapangan di sekolah tenis Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Tenis Lapangan, Video Tutorial, Gerak Dasar Tenis Lapangan.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:02
Last Modified: 09 Dec 2016 10:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44478

Actions (login required)

View Item View Item