PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK DASAR PENGELASAN UNTUK SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN

Ardian Prima, Yudha (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK DASAR PENGELASAN UNTUK SISWA JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
09 Ardian Prima Yudha.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan di SMK Piri Sleman, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Teknik Dasar pengelasan di SMK Piri Sleman, (3) mengetahui pengaruh media pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ekserimental dengan pengembangan produk berupa media pembelajaran interaktif Teknik Dasar Pengelasan. Metode pengembangan media mengacupadametode yang dikembangkan Luther tahun 1994. Pengumpulan data kelayakan media pembelajaran menggunakan angket. Pengumpulan data untuk pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar menggunakan posttest dan pretest. Penelitian ini melibatkan ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran, dan peserta didik untuk mendapatkan penilaian media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan melalui beberapa tahap, yaitu (1) Concept, (2) Design, (3) Material Collecting, (4) Assembly, (5) Testing, (6) Distribution. Media pembelajaran dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan mendapatkan rerata skor dari ahli media 3,3 atau layak, penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,2 atau layak, penilaian guru dari guru mata pelajaran mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,8 atau sangat layak, penilaian uji tanggapan skala kecil mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,3 atau layak, dan penilaian uji tanggapan skala besar mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,2 atau layak. Nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 62,86 dan 74,03, dengan presentase ketuntasan 75,86, sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 62,57 dan 77,39 dengan presentase ketuntasan 89,28%. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Teknik Dasar Pengelasan mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa di kelas. Kata kunci: pengembangan multimedia, teknik dasar pengelasan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:01
Last Modified: 30 Jan 2019 12:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44477

Actions (login required)

View Item View Item