PENGARUH BERMAIN LONCAT BOX TERHADAP POWER TUNGKAI ANGGOTA BARU UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENCAK SILAT TAHUN 2016 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Radiansah, Radiansah (2016) PENGARUH BERMAIN LONCAT BOX TERHADAP POWER TUNGKAI ANGGOTA BARU UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENCAK SILAT TAHUN 2016 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Radiansah_11601244061.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan saat sesi latihan untuk para pesilat anggota baru UKM pencak silat Universitas Negeri Yogyakarta banyak yang kemampuan melakukan berbagai teknik tendangannya masih terlihat lemah masih, sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan power tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain loncat box terhadap power tungkai peserta Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah para anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 20 orang terdiri dari 12 putra dan 8 putri. Objek penelitian ini berupa peningkatan power tungkai peserta UKM pencak silat. Setting penelitian mangambil tempat di hall beladiri Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan the one group pre test and post test design. Metode yang diguanakan dalam mengumpulkan data dengan tes vertical jump. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain loncat box terhadap peningkatan kemampuan power tungkai anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Universitas Negeri Yogyakarta, dengan nilai t hitung 10,563 > ttabel 2,09, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 4,09%, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bermain, loncat box, power tungkai
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:00
Last Modified: 30 Jan 2019 12:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44475

Actions (login required)

View Item View Item