PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SLEMAN

Rahmawati, Mahfirotun (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SLEMAN. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Mahfirotun Rahmawati_08205244067.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS GEGURITAN DENGAN TEKNIK KATA BERANTAI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 3 SLEMAN Oleh Mahfirotun Rahmawati NIM 08205244067 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis geguritan siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman dengan teknik kata berantai. Kemampuan siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman dalam kompetensi menulis geguritan masih kurang dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bertolak dari kenyataan inilah penelitian ini dilaksanakan, dengan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis geguritan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman TA 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Rancangan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi tugas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas proses dan hasil, sedangkan reliabilitas dalam penelitian tindakan ini menyajikan data asli seperti catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah teknik kata berantai dapat meningkatkan kemampuan menulis geguritan pada siswa kelas VII E SMP N 3 Sleman. Hal ini berdasarkan hasil tes siswa dari pratindakan hingga siklus III. Pada pratindakan dengan nilai rata-rata hitung 14,16 setara dengan 56,63% setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 16,91 setara dengan 67,63%. Pada siklus II meningkat menjadi 19,31 setara dengan 77,25% dan siklus III menjadi 20,72 setara dengan 82,88%. Kenaikan skor rata-rata kemampuan menulis geguritan siswa mengalami peningkatan sebesar 6,56. Selain itu, berdasarkan pengamatan selama penelitian berlangsung, terdapat keberhasilan proses berupa perubahan sikap siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam belajar menulis geguritan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MENULIS GEGURITAN, TEKNIK KATA BERANTAI, SMP NEGERI 3 SLEMAN
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:45
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44473

Actions (login required)

View Item View Item