PENGGUNAAN RAGAM BAHASA JAWA DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) DABAG, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Anjani, Linda (2013) PENGGUNAAN RAGAM BAHASA JAWA DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) DABAG, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Linda Anjani_08205241005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN RAGAM BAHASA JAWA DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUNAWA) DABAG, DESA CONDONGCATUR, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) Oleh: Linda Anjani NIM 08205241005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis ragam bahasa Jawa di Rusunawa Dabag, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan fungsi ragam bahasa Jawa di Rusunawa Dabag. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah para penghuni Rusunawa Dabag yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Objek penelitiannya adalah jenis ragam bahasa dari segi keformalannya dan fungsi ragam bahasa Jawa yang digunakan di Rusunawa Dabag. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat perekam (recorder) dan catatan lapangan. Metode analisis yang digunakan adalah dengan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan jenis dan fungsi ragam bahasa yang ditemukan dalam tuturan para penghuni Rusunawa di Rusunawa Dabag. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik reliabilitas dan validitas semantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis ragam bahasa Jawa yang digunakan oleh para penghuni Rusunawa Dabag adalah ragam santai dan ragam akrab. Mayoritas ragam santai dan ragam akrab ditandai dengan penggunaan bahasa Jawa dengan tingkat tutur ngoko, penggunaan alegro kata, pelesapan salah satu fungtor kalimat dan menciptakan suasana yang santai untuk ragam santai serta menciptakan suasana akrab. Fungsi ragam bahasa di Rusunawa Dabag ditemukan ada keterkaitan antara ragam dan fungsi bahasa. Ragam santai memiliki keterkaitan dengan fungsi instrumental, fungsi representasional, fungsi interaksional, fungsi personal dan fungsi heuristik. Sedangkan ragam akrab memiliki keterkaitan dengan fungsi instrumental, representasional, fungsi regulatori, fungsi personal, fungsi heuristik dan fungsi imajinatif. Wujud fungsi instrumental adalah menawarkan, memerintah, menghimbau dan meminta. Wujud fungsi representasional ada tiga yaitu menyatakan, menunjukkan dan mengakui. Fungsi interaksional pada penelitian ini diwujudkan dengan mengucapkan permisi. Wujud dari fungsi personal adalah sedih, bingung, kecewa, marah dan senang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RUSUNAWA, DESA CONDONGCATUR, RAGAM BAHASA JAWA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Daerah
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 09 Dec 2016 01:40
Last Modified: 09 Dec 2016 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44472

Actions (login required)

View Item View Item