LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Permadi Sulistyo Nugroho, Permadi Sulistyo Nugroho (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan Perguruan Tinggi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam mempersiapkan tenaga pendidik tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui beberapa mata kuliah, antara lain: Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Media, Etika Profesi Keguruan, Sosio-antropologi Pendidikan, Perencanaan Pembelajaran Ekonomi, Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran Ekonomi, Kajian Kurikulum dan Buku Teks Ekonomi, Pembelajaran Mikro dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL adalah kegiatan latihan ketrampilan mengajar yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga pendidik yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi Penyusun melaksanakan PPL adalah di SMK PGRI 1 Sentolo yang beralamatkan Jalan Raya Sentolo Km.18 Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, Penyusun telah melakanakan pembelajaran mikro dan sebelum diterjunkan di lokasi PPL didahului dengan observasi ke lokasi, yaitu di SMK PGRI 1 Sentolo. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini Penyusun mengampu mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk kelas XI Akuntansi, XI Jasa Boga, serta XI Administrasi Perkantoran. Pada kelas XI Prakarya dan Kewirausahaan semua jurusan ini memiliki jumlah 6 jam pada tiap minggunya atau 2 jam perminggu untuk masing-masing kelas. Penyusun merasa bahwa dalam PPL ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat dan rinci. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, Rencana Pokok Pembelajaran, pembuatan administrasi mengajar, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi Penyusun untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari Penyusun ini agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran dan ketentuan lain seperti apa saja yang harus dipersiapkan hingga menyusun laporan selama PPL lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih semangat mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL selanjutnya berlangsung lebih baik lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Dec 2016 23:57
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44453

Actions (login required)

View Item View Item